Kamis, 21 November 2019

Jumlah Wajib Pajak Pribadi Pelapor SPT Masih di Bawah Target

MEA Mulai Berlaku Hari Ini, Apa Saja Produk Jagoan Indonesia?

, Jakarta - Ini hari Indonesia sah masuk masa Warga Ekonomi ASEAN (MEA). Barang serta layanan dari semua negara anggota ASEAN ditambah semakin lebih bebas untuk masuk ke Indonesia. Begitupun sebaliknya, export barang serta layanan Indonesia ke beberapa negara itu lebih bebas. Nanti, lokasi perdagangan bebas ini akan diperluas ke Cina, Jepang, serta Korea Selatan.

Kementerian Perdagangan optimis export Indonesia dapat makin melejit pada masa MEA ini. Berdasar data dari Tubuh Pusat Statistik (BPS) periode Januari-Oktober 2015, kelihatan jika neraca perdagangan nonmigas Indonesia ke lokasi ASEAN surplus US$ 1,6 miliar. Angka ini bertambah seputar 257,13 % jika dibanding periode yang sama tahun awalnya, yang defisit US$ 1,02 miliar, kata Direktur Jenderal Peningkatan Export Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak di Jakarta, Kamis, 31 Desember 2015.

Nus mengatakan korps-nya sudah lakukan pemetaan serta mempersiapkan beberapa produk sebagai jagoan Indonesia dalam hadapi kompetisi di MEA.‎ Ada banyak produk export penting serta menjanjikan ke lokasi ASEAN plus Cina, Jepang, serta Korea Selatan dalam periode waktu lima tahun paling akhir, katanya.

Di lokasi ASEAN, contohnya, export produk kimia dalam lima tahun paling akhir trennya naik 9,88 %, otomotif naik 14,55 %, mesin-mesin naik 5,81 %, serta makanan olahan naik 12,67 %. Diluar itu, produk tekstil, perhiasan, rempah, kopi, serta udang juga trennya naik 5-28 %.

Mengenai untuk mengarah pasar Cina, Jepang, serta Korea, Indonesia akan memercayakan produk kayu, terhitung kertas serta perlengkapan, bahan kimia, tekstil, makanan olahan, otomotif, alas kaki, plastik, produk perikanan, kulit, kopi, serta rempah.

Untuk makin menggenjot export Indonesia, Nus memberikan tambahan, Kementerian Perdagangan sudah buka AEC (ASEAN Economic Community) Centre yang mempunyai tujuan memberi info kesempatan pasar yang perlu dicapai pada seluruh pemangku kebutuhan, terutamanya petinggi pemda, pebisnis, akademikus, serta warga umum. Ke depan, Kementerian Perdagangan selalu mengusahakan promo atas beberapa produk jagoan itu, katanya.

PINGIT ARIA

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar