Selasa, 22 November 2016

Cara Memotong Batang Bunga Mawar

Cara Memotong Batang Bunga Mawar - Bagaimana caranya memotong batang bunga mawar yang baik serta benar terutama untuk bunga mawar yang ditanam dalam pot? Sebenarnya ada banyak tehnik pemotongan yang dapat dikerjakan, beragam tehnik itu bisa dikerjakan sesuai sama maksudnya semasing atau sesuai sama nanti bunga mawar Anda menginginkan ditumbuhkan seperti apa. Tehnik pemotongan juga tidak sama sesuai sama type bunga mawarnya. Mengenai langkah memotong batang bunga mawar yang bakal gw ulas di sini cuma terbatas pada type mawar yang gw jual yaitu type semi holland serta mawar hias yang umum kami sebut dengan juga type mawar lokal. Mawar Semi Holland

Langkah memotong batang bunga mawar type semi holland sesungguhnya pernah gw ulas sedikit pada artikel terlebih dulu yang mengulas mengenai cara menanam mawar semi holland dalam pot. Di sini bakal gw ulas lagi dengan cara lebih komplit. 

Seringkali orang yang memesan bibit mawar semi holland ingin menanamnya dirumah lantaran menginginkan supaya nanti dapat memperoleh bunga mawar yang cantik serta dapat dipotong sebagai hiasan mawar potong untuk disimpan dalam vas bunga. Karenanya, bunga mawar semi holland mesti dipotong dengan tehnik spesifik supaya memperoleh bunga yang besar, cantik serta tinggi batangnya. 

Bila Anda menumbuhkan mawar semi holland di mana bibitnya diperoleh dari gw yaitu bibit mawar polibag (hasil tehnik okulasi), langkah memotong batang yang harus Anda kerjakan pada pertama kalinya yaitu lakukan tehnik yang dinamakan pinching  (memotong cikal akan bunga yang pertama) sebagai berikut :
Tehnik pinching tanaman mawar



Jasa Taman Surabaya Hal itu begitu utama dikerjakan jika Anda inginkan tanaman mawar semi holland Anda membuahkan batang yang tinggi dan bunga yang besar. Sebagian pelanggan gw ada yang menyampaikan tak tega mengerjakannya, ada pula yang takut bila kelak tanaman mawarnya jadi mati. Sekali lagi, hal itu utama dikerjakan supaya dapat memperoleh batang yang besar, tinggi dan bunganya besar. Tak perlu takut tanaman mawarnya bakal mati, malah nanti bakal tumbuh tunas baru yang semakin bagus. Lihatlah pada photo tersebut :

Bisa Anda saksikan kalau panah No. 1 tunjukkan pucuk batang yang telah dikerjakan teknik pinching sebelumnya. Lantas lihatlah panah No. 2, itu yaitu tunas (batang) barunya yang nampak sebelumnya setelah dikerjakan teknik pinching,  batangnya semakin besar serta lebih tinggi-kan dari pada yang pertama? Dan tanamannya juga tak mati-kan? 

Lalu tunas baru itu jika sudah jadi batang serta tampak cikal akan bunganya lagi, jadi Anda mesti lakukan tehnik pemotongan pada pangkal batangnya tetapi tidaklah sampai potong (cuma patah saja), tehnik ini diberi nama dengan nama tehnik bending. Silakan saksikan langkahnya pada gambar tersebut :

Nah, sesudah tehnik bending itu dikerjakan, tunas baru bakal nampak lagi serta tumbuh semakin bagus lagi dari pada batang yang terlebih dulu dikerjakan tehnik bending. Kerjakan tehnik bending itu minimum tiga kali dari pertama penanaman. Sesudah tiga kali dikerjakan tehnik bending, barulah Anda bisa membiarkan batang baru yang tumbuh sampai membuahkan bunga mawar yang tinggi serta besar.
Tunas baru yang nampak hasil bendingan

Mawar Hias (Mawar Lokal)  
Langkah memotong batang bunga mawar hias sedikit tidak sama dengan mawar type semi holland. Pada tanaman mawar hias tak perlu dikerjakan teknik pinching dan juga tak perlu dikerjakan tehnik bending. Bila Anda memperoleh bibit mawar hias dari gw, segera saja tanam lewat cara penanaman yang sudah gw berikanlah tips-nya pada artikel terlebih dulu yaitu cara menanam mawar dalam pot, serta biarlah dia tumbuh berbunga apa yang ada. 

Walau bagaimanapun, tehnik pemotongan dibutuhkan agar tanaman mawar Anda rajin berbunga, terlebih batang atau bunga yang telah mulai jadi kering harus untuk dipotong supaya tunas baru nampak serta selekasnya membuahkan bunga yang baru. Mengenai tehnik pemotongan pada mawar hias ada dua jenis dengan hasil yang bakal tidak sama.
Yang pertama yaitu memotong tangkai (batang) dengan mengkalkulasi jumlah rumpun daun dari teratas sejumlah 2-4 rumpun daun. Misalnya bisa Anda saksikan pada gambar tersebut :

Sedang yang ke-2 yaitu kebalikannya, yaitu memotong batang dari bawah dengan mengkalkulasi jumlah rumpun daun dari bawah ke atas sejumlah 2-4 rumpun. Misalnya bisa Anda saksikan pada gambar tersebut :

Nah, maksud pemotongan dari atas untuk membuahkan tunas-tunas baru hingga bunga baru bakal tumbuh tetapi tangkainya akan tidak sangat tinggi. Sedang pemotongan yang dikerjakan dari bawah mempunyai tujuan sama yaitu untuk membuahkan tunas dan bunga baru, tetapi tangkainya semakin lebih tinggi dari pada pemotongan yang dikerjakan dari atas. Walau bagaimanapun tinggi batang akan tidak tinggi sekali seperti pada type mawar semi holland. 

Langkah memotong batang bunga mawar pada type lokal ini bisa pula diaplikasikan pada type semi holland bila Anda inginkan tanaman mawar type semi holland tak tumbuh sangat tinggi. Dengan tahu langkah memotong batang bunga mawar diatas, diinginkan Anda bisa pilih menginginkan seperti apa tanaman mawar Anda tumbuh. Tetapi selain itu, nyatanya ada tunas mawar yang harus dipotong, lantaran bila tak, mawar Anda dapat mati. Tunas mawar apakah itu? Baca pada artikel ini : Tunas Mawar Ini Harus Dipotong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar